Bamusi Gencarkan Istigasah demi Sebarkan Islam Nusantara

Bamusi Gencarkan Istigasah demi Sebarkan Islam Nusantara
Kegiatan istigasah kubro yang digelar Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4). Foto: Bamusi for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi sayap keagamaan PDI Perjuangan, Baitul Muslimn Indonesia (Bamusi) akan berupaya sesering mungkin menggelar istigasah untuk bermunajat sekaligus menebar nilai-nilai kebangsaan.

Menurut Ketua Umum Bamusi Prof Hamka Haq, istigasah untuk menyebar Islam yang penuh kesejukan dan pesan damai semakin diperlukan di tengah getolnya kelompok-kelompok yang menyuarakan pelaksanaan syariat tanpa memperhatikan kewajiban sebagai warga negara.

"Ini diperlukan karena ada kesan bahwa orang akan melaksanakan syariat tanpa memperhatikan kewajiban yang bersangkutan taat kepada Pancasila dan UUD 1945," kata Hamqa di acara Istigasah Bamusi di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari di Jalan Daan Mogot yang baru saja diresmukan Presiden Joko Widodo, Sabtu (15/4).

Bamusi mengusung tema Menghadirkan Islam Nusantara yang Berkemajuan untuk Indonesia Raya dalam istigasah yang dihadiri sejumlah ulama dan politikus itu. Dari PBNU ada KH Marsudi Syuhud. Bendahara Umum PBNU Nasyrul Falah Amru juga hadir di acara itu karena posisinya juga sebagai sekretaris umum Bamusi.

Sedangkan dari kalangan politikus ada Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah dan Ketua DPP PDIP Sri Rahayu. Istigasah itu juga dimeriahkan pertunjukan musik Ki Ageng Ganjur.

Hamka mengatakan, istigasah itu bertujuan untuk menunjukkan pelaksaan syariat Islam tidak mesti melanggar aturan kehidupan bernegara. "Kita negara hukum, agama yang kita laksanakan seharusnya sesuai prinsip  rahmatan lilalamin," tegasnya.

Lebih lanjut Hamka mengatakan, salah satu tanda Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin adalah menebar kasih sayang juga perdamaian. Selain itu, Islam juga mengajarkan toleransi.

"Kalau ada orang menegasikan orang yang berlainan suku dan agama, atau etnis, sebenarnya dia bukan Islam rahmatan lil alamin. Sebab Islam itu rahmat bagi semesta," ungkapnya.

Organisasi sayap keagamaan PDI Perjuangan, Baitul Muslimn Indonesia (Bamusi) akan berupaya sesering mungkin menggelar istigasah untuk bermunajat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News