Bandar Narkoba Gede Ngumpet di Kos Terpencil

Bandar Narkoba Gede Ngumpet di Kos Terpencil
Ilustrasi.

jpnn.com - SURABAYA - Meski berusaha kabur dan menghilang dari Surabaya, bandar narkoba kelas kakap Syafii alias Bob alias Gilang akhirnya ditemukan di tempat persembunyiannya. Anggota Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim menangkap bandar yang biasa kulakan narkoba dalam jumlah banyak itu di sebuah rumah kos terpencil di Banyuwangi. 

Bandar tersebut ditangkap setelah tim Pemberantasan BNNP Jatim memburunya selama kurang lebih sebulan. "Tersangka sangat licin. Kalau sedang dicari, dia bersembunyi di luar kota," kata Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Iwan Abdullah Ibrahim kemarin (21/7).

Dia menjelaskan, Bob menjadi salah seorang buron kakapnya karena terdeteksi memasok narkoba di Surabaya dalam jumlah besar. Sekali kulakan sabu-sabu (SS), tersangka yang berusia 38 tahun itu bisa membeli 1 kilogram. 

Sejumlah anak buah Bob yang menerima pasokan sudah ditangkap dan disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya. Hanya, Bob sadar ketika penyidikan BNNP Jatim terhadap kasus tersebut mengarah kepadanya. Karena itulah, tersangka kabur ke luar kota.

Dari penyelidikan petugas, Bob berpindah-pindah tempat untuk mengaburkan jejak. Dari Pasuruan, Probolinggo, dan terakhir Banyuwangi. Meski begitu, petugas berhasil mengendus keberadaannya di sebuah kamar kos terpencil di kompleks pelelangan ikan kawasan Muncar, Banyuwangi.

Satu tim lengkap diberangkatkan untuk melokalisasi tempat persembunyian tersangka. Bob ditangkap setelah gagal kabur karena petugas membentuk formasi tapal kuda (istilah untuk pengepungan). "Untung saja semua anggota sudah disebar di sana," ucap Iwan.

Kabid Pemberantasan BNNP Jatim AKBP Bagijo menambahkan, petugas yang menggeledah kamar kos tersebut menemukan 20 gram narkoba yang masih terbungkus rapi dalam satu wadah. Sabu-sabu itu merupakan sisa pembelian setengah kilogram yang belum terjual.

Petugas juga menemukan sekop mini dari sedotan yang diiris dengan posisi miring. Hanya, sekop itu belum sempat digunakan. Kepada petugas, Bob mengaku akan menjual lagi sisa sabu-sabu yang masih tersimpan. 

SURABAYA - Meski berusaha kabur dan menghilang dari Surabaya, bandar narkoba kelas kakap Syafii alias Bob alias Gilang akhirnya ditemukan di tempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News