Bandar Narkoba Internasional Kabur dari LP

Bandar Narkoba Internasional Kabur dari LP
Bandar Narkoba Internasional Kabur dari LP

jpnn.com - BIREUEN - Daftar panjang pelarian napi dari rumah tahanan, ataupun lembaga pemasyarakatan di Aceh semakin bertambah. Kali ini Lapas Bireuen yang kebobolan, sehingga seorang narapidana berhasil kabur dari lokasi.

Sejumlah sumber Metro Aceh (Grup JPNN) bahkan menyebut, tahanan itu bukan melarikan diri, melainkan dibawa kabur oleh seseorang. Pasalnya, tahanan yang kabur yakni M Zubir bin Daud warga Pucok Alue Kabupaten Bireuen.

Gembong narkoba internasional yang divonis 11 tahun penjara, sebelumnya telah menikmati hawa sejuk penjara di Cibinong, Jawa Barat dan dipindahkan ke Rutan Lhokseumawe. Selanjutnya pindah lagi ke Rutan Bireuen hingga sukses melarikan diri dari sel tahanan di kampung halamannya.

Sementara petugas lapas mengaku tidak tahu menahu kejadian itu dan menyatakan diri mereka tidak terlibat dalam aksi pelarian tersebut. Mereka berdalih akibat minimnya personil jaga serta over kapasitas, sehingga tidak mampu bekerja maksimal menjaga ratusan tahanan.

Sejumlah sumber tahanan di rutan Bireuen yang ditemui Metro Aceh mengaku, mereka tidak tahu kasus pelarian itu. Karena saat kejadian tak terlihat gerak-gerik mencurigakan, namun mereka juga menduga jika M Zubir bukan kabur tapi dibawa kabur oleh pihak-pihak yang berperan di rutan Bireuen.

"Dia (M Zubir-red) tidak melarikan diri, tapi dibawa lari. Sehingga kami tak pernah mengetahui kasus pelarian ini," ungkap sumber tahanan yg enggan ditulis nama.

Kepala Rutan Bireuen, Irfandi melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rusdi Nawi yang dikonfirmasi koran ini menuturkan, peristiwa itu berlangsung Selasa (17/12) malam.

Saat kejadian dua anggota regu B yang piket jaga. Menurutnya akibat terbatasnya personil, sehingga M Zubir berhasil kabur dengan memanjat tembok bagian selatan yang bersebelahan dengan sekolah dasar (SD).

BIREUEN - Daftar panjang pelarian napi dari rumah tahanan, ataupun lembaga pemasyarakatan di Aceh semakin bertambah. Kali ini Lapas Bireuen yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News