Bandara IKN Nusantara Terletak di Daerah ini, Sangat Strategis

Bandara IKN Nusantara Terletak di Daerah ini, Sangat Strategis
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor dan sejumlah pejabat meninjau lokasi rencana pembangunan bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. (Humas Pemprov Kaltim)

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut posisi bandara ibu kota negara (IKN) baru terletak antara Balikpapan dan wilayah IKN Nusantara di Penajam Paser Utara.

Posisi tersebut dinilai sangat strategis, apalagi bandara nantinya terhubung dengan tol.

“Tadi saya dengan Pak Isran Noor terbang ke IKN untuk memastikan bandara yang akan dibangun telah dilakukan penelitian, lokasinya sangat baik,” ujar Menhub didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau lokasi bandara tersebut, Senin (21/20.

Budi Karya menyebut bandara nantinya akan dibangun dengan panjang runway 3.000 meter.

"Jadi, pesawat jenis apa pun bisa mendarat, termasuk jenis Airbus A400,” katanya.

Bandara yang dibangun akan bertipe bandara internasional, sekaligus dapat digunakan bagi keperluan militer, berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara.

“Saya yakin ukuran yang sama dengan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta dan pengalaman Indonesia dalam membangun bandara, Bandara IKN Nusantara akan bisa terwujud,” kata Budi.

Menteri Perhubungan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kaltim atas perhatian dan kerja samanya dalam rencana pembangunan IKN Nusantara terutama di sektor transportasi.

Bandara IKN Nusantara terletak di daerah ini, posisinya sangat strategis karena terhubung dengan tol.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News