Bandara Kertajati Percepat Pertumbuhan Jabar Bagian Timur

Bandara Kertajati Percepat Pertumbuhan Jabar Bagian Timur
Bandara Kertajati. Foto dok humas Kemenhub

jpnn.com, CIANJUR - Kandidat Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil menyambut baik beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati, Majalengka.

Kang Emil optimistis beropersinya Bandara Majalengka bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama wilayah Jawa Barat bagian timur.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan historical flight dengan menggunakan pesawat Kepresidenan, ke BIJB pada Kamis, 24 Mei lalu.

“Dengan dibukanya bandara itu, tentu arus manusia dan barang ke wilayah sana menjadi mudah. Majalengka dan sekitarnya akan menjadi menarik bagi para investor,” kata Kang Emil di Cianjur, Jumat, (25/5).

Bandara Kertajati merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Bandara seluas1.800 hektare ini, mulai dibangun pada 2014 lalu. Dengan landas pacu sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter BIJB mampu melayani operasional pesawat A330.

Di kompleks bandara ini juga akan dikembangkan aerocity, kawasan bisnis dan industri penerbangan. Kang Emil menuturkan, jika investasi masuk maka otomatis roda perekonomian bergerak.

“Angkatan kerja bakal terserap ke berbagai bidang industri. Sementara pekerja informal juga mendapakan peluang karena di sana ada putaran uang,” katanya.

Menurut Kang Emil, pemerintah daerah di Majalengka dan sekitarnya harus memanfaatkan dibukanya BIJB dengan ‘merayu’ sebanyak–banyak investor datang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News