Bandara Maratua Ditargetkan Beroperasi Sebelum 2016

Bandara Maratua Ditargetkan Beroperasi Sebelum 2016
Bandara Maratua Ditargetkan Beroperasi Sebelum 2016

jpnn.com - BERAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau benar-benar ingin merealisasikan operasional Bandara Maratua sebelum tahun anggaran 2015 berakhir.  Pemkab merencanakan pembangunan beberapa fasilitas di sisi darat bandara tersebut.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Berau sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 7 miliar untuk pembangunan sisi darat bandara tersebut. Dana tersebut belum mencakup keseluruhan kebutuhan sisi darat.

“Nanti tinggal dilihat, mana saja yang bisa dibangun dengan anggaran segitu,” kata Kepala Dishubkominfo Berau Fahmi Rizani, seperti diberitakan Berau Post (Grup JPNN).

Dijelaskannya, kebutuhan anggaran untuk pembangunan sisi darat Bandara Maratua mencapai Rp 20 miliar lebih. Namun, dengan Rp 7 miliar, setidaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan operasional bandara untuk melayani penumpang yang datang dan pergi di Bandara Maratua.

“Kaya terminal, tower, mes, power house, dan sebagainya. Nanti tinggal dilihat dananya cukup untuk apa saja,” terang dia. “Sisanya akan diupayakan dari pusat,” sambungnya.

Dikatakannya, konsultan perencana tengah menyelesaikan desain perencanaan hasil revisi usai mendapat masukan dan saran saat menggelar ekspos tahun lalu. Hali itu nanti juga akan dikoordinasikan pihaknya dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

“Sekalian untuk meminta dukungan mereka, termasuk peralatan-peralatan pendukung lainnya, seperti x-ray dan sebagainya, kita akan upayakan dari pusat semua,” terangnya.

Sedangkan penuntasan sisi udara terutama runway atau landasan pacu menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kaltim.

BERAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau benar-benar ingin merealisasikan operasional Bandara Maratua sebelum tahun anggaran 2015 berakhir. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News