Bang Foke Sudah Pasang Jebakan

Sebar Brosur, Silakan Datang ke Jakarta Tapi........

Bang Foke Sudah Pasang Jebakan
Petugas menghitung jumlah sepeda motor yang melintas di jalur Pantura, Kota Cirebon, kemarin (5/9). Volume kendaraan yang melintas menuju Jateng mencapai 150 motor per menit. (Foto: Yuda Sanjaya/Radar Cirebon)
JAKARTA -- Musim mudik lebaran tampaknya selalu membuat kepala Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sedikit pusing. Berkali-kali mantan Wakil Gubernur di era Sutiyoso ini berkoar-koar kepada para pemudik untuk tidak mudah membawa sanak saudaranya ke ibukota."Jangan mudah membawa keluarga untuk mengadu nasib di Jakarta," ucap pria yang akrab disapa Foke saat melepas 5000 tukang bangunan dalam acara mudik bersama di Jakarta kemarin (5/9). Dengan nada tegas dan lantang, dia mengatakan, hidup di ibukota tidak semudah yang dibayangkan.

Namun, dia mempersilakan siapapun masuk ke Jakarta asal dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Jadi, warga Indonesia dari manapun dipersilakan datang ke Jakarta asal memenuhi syarat kependudukan yang berlaku. "Ibukota ini kan milik kita semua. Semua ingin ibukota tertib," ucapnya.

Sebenarnya, itu bukanlah anjuran Foke kali pertama. Dalam setiap kesempatan dan acara apapun sebelum masa mudik, Foke selalu menggembar-gemborkan hal tersebut kepada para pemudik. Bisa jadi ini adalah bentuk ketakutan Foke jika daerah yang dipimpinnya semakin dipadati dengan para pendatang dan tentu saja bakal semakin sumpek dan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah.

Selain menyampaikan anjurannya dalam setiap kesempatan, Foke juga berjanji akan melakukan sosialisasi dengan membagikan brosur tentang ketentuan kependudukan. Bahkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan daerah asal yang ditengara sebagai daerah penghasil pendatang di Jakarta.

JAKARTA -- Musim mudik lebaran tampaknya selalu membuat kepala Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sedikit pusing. Berkali-kali mantan Wakil Gubernur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News