Bang Saleh: Penularan Covid-19 Masih Tetap Mengancam

Bang Saleh: Penularan Covid-19 Masih Tetap Mengancam
Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menanggapi hasil evaluasi pelaksanaan PPKM level 4 yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran.

Hasil evaluasi pemerintah menyebut selama PPKM Level 4 terdapat penurunan orang yang terpapar Covid-19. Tingkat hunian rumah sakit juga turun. Begitu pula warga yang sembuh bertambah dan yang meninggal dunia semakin sedikit.

"Itu evaluasi pemerintah. Namun perlu dicatat, perubahan itu masih sangat lambat. Jumlahnya pun belum terlalu signifikan. Oleh karena itu, pergerakan penularan Covid masih tetap mengancam. Apalagi, varian-varian baru juga sudah semakin menyebar. Sudah banyak ditemukan di daerah-daerah," ucap Saleh Daulay di Jakarta, Selasa (3/8).

Atas dasar itu, kata Saleh, perpanjangan PPKM Level 4 memang masih dibutuhkan. Setidaknya, untuk memastikan agar masyarakat tetap menjaga diri supaya tidak menghadiri dan membuat kerumunan.

"Penularan harus dihindari dan diantisipasi. Kuncinya adalah kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan," ucap ketua Fraksi PAN DPR RI itu.

Saleh Daulay mengingatkan kebijakan perpanjangan PPKM Level 4 harus dibarengi dengan penyempurnaan kebijakan. Paling tidak, harus diupayakan bagaimana agar masyarakat patuh dan taat terhadap semua aturan yang diterapkan.

Untuk itu, penegakan kedisiplinan harus dilakukan secara tegas dengan cara-cara humanis. Dibutuhkan pendekatan persuasif dan partisipatoris dari semua lapisan masyarakat.

Selain itu, katanya, perpanjangan ini harus diiringi dengan pemberian bantuan sosial dan subsidi bagi masyarakat yang terdampak. Adalah fakta bahwa kebijakan PPKM telah membawa dampak tidak baik bagi perekonomian masyarakat.

Saleh Partaonan Daulay menanggapi langkah Presiden Jokowi melakukan perpanjangan PPKM Level 4.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News