Bang Sandi Ajak Warga DKI Meniru Kiprah Ratu Sampah

Bang Sandi Ajak Warga DKI Meniru Kiprah Ratu Sampah
Sandiaga Uno. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memuji keberhasilan Wilda Yanti, seorang perempuan yang mampu mengelola sampah menjadi barang berharga hingga memiliki nilai jual. 

Perempuan pemilik perusahaan PT Xavier Global Synergy itu sampai dijuluki Ratu Sampah karena ketekunan dan kesuksesannya memanfaatkan barang buangan atau bekas pakai.

"Beliau menggegerkan dunia wirausaha sosial karena terobosan-terobosan yang dilakukan," ujar Sandi di Jakarta, Kamis (9/3).

Menurut Sandi, program Wilda patut dikembangkan oleh seluruh masyarakat, terutama warga DKI Jakarta. Sebab, manfaatnya tidak hanya mendatangkan keuntungan, tapi juga mampu mengatasi permasalahan banjir akibat menumpuknya sampah yang menyumbat aliran air.

"Di beberapa tempat, kalau misalnya komunitas diberi pemberdayaan, bisa tercipta zero waste (tanpa sampah, red). Dan sampah yang selama ini menjadi masalah bisa dikelola dengan baik," ucap Sandi.

Politikus Partai Gerindra melihat usaha mengelola sampah bisa dimulai dari rumah. Baru kemudian dikembangkan hingga menjadi bank sampah yang bisa memberdayakan masayarakat yang tidak memiliki pekerjaan.(gir/jpnn)

 


Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memuji keberhasilan Wilda Yanti, seorang perempuan yang mampu mengelola sampah menjadi barang berharga


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News