Banggakan Kinerja, Anies Sebut Hanya 15 Persen Jakarta Kebanjiran

Banggakan Kinerja, Anies Sebut Hanya 15 Persen Jakarta Kebanjiran
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun dari perahu karet setelah mendengar warga meminta bantuan evakuasi untuk anggota keluarga untuk cuci darah. Foto: (ANTARA/DEVI NINDY

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim tidak semua wilayah ibu kota terdampak banjir. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, hanya 15 persen wilayah Jakarta yang terdampak banjir pada Rabu (1/1).

"Alhamdulillah, 85 persen wilayah Jakarta aman. Ada 15 persen yang terdampak, dan 15 persen itu ada di bawah satu persen yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter," kata Anies ditemui di Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, Minggu (5/1).

Anies mengatakan, pompa air milik Pemprov DKI Jakarta bekerja maksimal sehingga 85 persen wilayah ibu kota terbebas banjir. Setidaknya, kata dia, DKI 478 pompa yang tersebar di 276 lokasi

"Artinya secara sistem, kesiapan kami alhamdulillah baik," lanjut dia.

Pemprov DKI Jakarta, kata Anies, tetap bersiaga menghadapi potensi hadirnya banjir. Terlebih, BMKG memprediksi bahwa hujan dengan curah hujan tinggi akan kembali melanda Jakarta dalam sepekan ke depan.

"Besok kamj akan lebih siaga lagi terutama di tempat-tempat yang memiliki risiko ekstra," timpal dia.

Ssbagai informasi, hujan dengan intensitas tinggi terjadi pada 1 Januari 2020 kemarin. Setelah itu, sejumlah wilayah menhalami banjir seperti di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. (mg10/jpnn)

Menurut Anies, sistem yang diterapkan Pemprov DKI dalam menangani banjir terbukti cukup baik


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News