Bangsa Ini jadi Pengecut bila Takut dengan Keluarga Incumbent

Bangsa Ini jadi Pengecut bila Takut dengan Keluarga Incumbent
Margarito Kamis. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat hukum tata negara Margarito Kamis mengatakan Indonesia akan jadi bangsa demokrasi pengecut, jika takut terhadap keikutsertaan keluarga incumbent dalam pilkada serentak Desember 2015 mendatang. 

Terlebih setelah Mahkamah Konstitusi (MK) melegalkannya untuk ikut pesta demokrasi di daerah-daerah.

"Indonesia akan jadi bangsa pengecut jika melarang keluarga incumbent ikut pilkada," kata Margarito Kamis, di press room DPR, Senayan Jakarta, Kamis (9/7).

Apalagi menghubung-hubungkan keluarga incumbent yang ikut pilkada dengan politik uang. "Memangnya selama ini Pilkada sudah bersih dari politik uang. Bahkan dalam banyak kasus, justru calon yang tidak keluarga incumbent lebih parah lagi politik uangnya," tegas Margarito.

Dari pada menakuti keikutsertaan keluarga incumbent ikut pilkada, Margarito justru menyarankan pastikan seluruh mekanisme dan institusi yang terkait dengan proses pilkada berjalan secara baik dan sempurna.

Dia menegaskan, rakyat pemilih saat ini sudah cukup cerdas untuk menentukan siapa pemimpinnya. "Lagi pula sesuatu yang sangat tidak masuk akal keluarga incumbent mampu untuk memengaruhi seluruh rakyat pemilih. Memangnya rakyat tidak tidak punya pikiran?" ketus Margarito. (fas/jpnn)


JAKARTA - Pengamat hukum tata negara Margarito Kamis mengatakan Indonesia akan jadi bangsa demokrasi pengecut, jika takut terhadap keikutsertaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News