Bangun Monorel, Makkah-Madinah 30 Menit

Bangun Monorel, Makkah-Madinah 30 Menit
Bangun Monorel, Makkah-Madinah 30 Menit
RIYADH - Ibadah haji bakal lebih nyaman. Itu terwujud jika monorel yang menghubungkan Makkah dengan Madinah tuntas dibangun. Proyek senilai USD 1,8 miliar (sekitar Rp 21,3 triliun) itu diumumkan langsung oleh Raja Abdullah pada Selasa malam (10/2) saat menjamu Presiden Tiongkok Hu Jintao yang berkunjung ke Arab Saudi.

Sesuai dengan kontrak, proyek monorel yang dikerjakan oleh China Railway Co. tersebut bakal selesai dalam waktu dua tahun. "Tapi, 35 persen konstruksi sudah akan siap di musim haji tahun ini yang jatuh pada akhir November," terang kantor berita Saudi SPA mengutip sumber pemerintah kemarin (11/2).

SPA menambahkan, jalur kereta satu rel itu akan melewati Arafah dan Muzdalifah. Dengan monorel, jamaah haji tidak perlu berkendara selama empat atau lima jam menggunakan mobil untuk berziarah dari Makkah ke Madinah. Monorel supercepat dengan kecepatan 383 km per jam itu mampu menempuh jarak yang sama dalam waktu 30 menit.

"Saat musim haji tiba, tempat-tempat ziarah tersebut dikunjungi sejumlah besar jamaah haji," tulis SPA kemarin. Tidak kurang dari 3 tiga juta orang muslim berziarah ke Makkah tiap tahun untuk menunaikan ibadah haji. Dengan empat jalur layang, monorel Tiongkok itu bakal mampu mengangkut 20.000 penumpang tiap jam. Jauh lebih efektif daripada perjalanan darat dengan kendaraan apa pun.

RIYADH - Ibadah haji bakal lebih nyaman. Itu terwujud jika monorel yang menghubungkan Makkah dengan Madinah tuntas dibangun. Proyek senilai USD 1,8

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News