Bangun Rumah Impian dengan Dana Rp 100 Juta? Bisa! Simak nih Tipsnya

Bangun Rumah Impian dengan Dana Rp 100 Juta? Bisa! Simak nih Tipsnya
Rumah minimalis bisa dibangun dengan dana sekitar Rp 100 juta. Ilustrasi Foto: Decorunic

jpnn.com, JAKARTA - Orang kini bisa membangun rumah impian dengan anggaran Rp 100 juta. Interior Expert Pinhome Shania Tahir mengatakan rata-rata harga membangun rumah sekitar Rp 3 juta per meter persegi.

Dia menuturkan jumlah tersebut sudah termasuk ongkos upah tenaga kerja beserta material yang dibutuhkan.

“Biasanya, bangunan Rp 3 juta per m2 memiliki spesifikasi fondasi pasangan batu kali, dinding tembok batu bata plester aci finish cat, plafon gypsum rangka kayu atau hollow, lantai keramik, dan atap genteng rangka baja ringan, juga sudah termasuk ongkos tenaga kerjanya,” katanya.

Shania menuturkan luas rumah yang bisa dibangun untuk anggaran Rp 100 juta dengan harga rata-rata Rp 3 juta per m2 sekitar 34 m2 dengan variasi ukuran bangunan mencakup 4 m x 8 m = 32 m2, 5 m x 7 m = 35 m2, 6m x 6m = 36 m2, dan 7m x 5 m = 35 m2.

Selain itu, Shania membeberkan sepuluh desain rumah yang dapat dibangun dengan bermodalkan Rp 100 juta, salah satunya, rumah kubus minimalis.

Pertama, rumah minimalis berbentuk kubus memiliki ciri khas modern. Kelebihan lainnya ialah kebutuhan lahan yang tidak terlalu besar. Apabila lahan yang dimiliki ukurannya tidak terlalu luas, pemilik hunian bisa mengaplikasikan model rumah murah jenis ini.

Kedua, rumah kontainer minimalis. Rumah jenis ini banyak digunakan terutama di luar negeri karena harganya lebih murah dibandingkan membangun rumah menggunakan dinding.

Meskipun menggunakan kontainer sebagai rumah, pemilik rumah tetap bisa mendesainnya sebagus mungkin agar memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Dana Rp 100 juta bisa digunakan untuk membangun rumah impian berbagai model, simak tips selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News