Bangunan SD Nyaris Ambruk

Bangunan SD Nyaris Ambruk
Bangunan SD Nyaris Ambruk
MALANG – Kondisi bangunan SDN Ngijo 03, Kecamatan Karangploso dan dibeberapa sekolah lainnya yang baru dibangun dan sudah rusak lagi, menjadi bukti lemahnya pengawasan yang dilakukan Pemkab Malang pada pelaksanaan pembangunan. Jika pengawasannya maksimal, kesalahan bestek dan kualitas bangunan yang rendah tidak akan terjadi.

Ketua FPKB DPRD Kabupaten Malang H. Abdurrahman menilai pengawasan yang dilakukan Pemkab Malang, khususnya Dinas Pendidikan tidak maksimal. Kejadian di SDN Ngijo 03 seharusnya tidak sampai terjadi, jika pengawasan yang dilakukan maksimal dan sangat memperhatikan mutu serta kualitas bangunan yang dikerjakan.

Pada tahun 2011 lalu, SDN Ngijo mendapatkan bantuan DAK untuk dua ruang kelas baru. Saat pembangunan kondisi lantai II yang dicor sudah retak dan hampir roboh, tapi dibiarkan saja. Rekanan hanya menyelesaikan pembangunannya saja, tidak memperhatikan lantainya yang hampir ambruk.

“Ada fungsi pengawasan yang jalan. Kalau rekanan pasti akan cari untung, tapi kalau pengawas lapangannya maksimal, kejadian itu tidak sampai terjadi. Kalau sudah seperti ini, baru saja dibangun tapi sudah rusak lagi, kualitas mutu bangunan pun dipertanyakan,” kata Abah Dur, sapaan akrabnya kepada Malang Post (Grup JPNN), Rabu (13/2).

MALANG – Kondisi bangunan SDN Ngijo 03, Kecamatan Karangploso dan dibeberapa sekolah lainnya yang baru dibangun dan sudah rusak lagi, menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News