Banjir Bandang di Solok Selatan, Begini Kondisinya

Banjir Bandang di Solok Selatan, Begini Kondisinya
Banjir bandang di Kenagarian Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Kamis (14/9) malam. Foto: Putra Santoso/Padang Ekspres

jpnn.com, SOLOK SELATAN - Empat jorong di Kenagarian Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, diterjang banjir bandang, Kamis (14/9) malam.

Akibat luapan sungai Batang Lolo itu sedikitnya 138 rumah dan 30 hektare sawah warga serta fasilitas umum lainnya rusak.

Bencana banjir yang datang tiba-tiba itu hingga kini masih mengundang rasa ketakutan dari ratusan warga yang bermukim di nagari itu.

Sejauh ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa dan sebagian besar warga sudah tercerai berai mengungsi ke rumah kerabat.

"Tidak ada tanda-tanda sebelumnya dari banjir ini. Sebab di sini tidak sedang hujan, tahu-tahu air sudah meluap dan memporak-porandakan seisi kampung. Kita sekarang masih takut, jikalau banjir susulan melanda," kata salah seorang korban, Mulyati warga Batang Lolo sembari mengaku sekitar 1 hektare sawahnya yang baru ditanami rata dihantam banjir.

Pantauan Padang Ekspres, kemarin (15/9), pasca galodo para korban sudah mulai membersihkan rumah mereka yang dimasuki lumpur.

Air yang sempat merendam rumah-rumah juga sudah surut sehingga kondisinya mulai berangsur pulih.

Di sisi lain, 2 alat berat loader, 1 unit grader dan 1 unit ekskavator juga dikerahkan membersihkan jalan tertimbun lumpur dan kayu.

Bencana banjir di wilayah Kabupaten Solok Selatan itu datang tiba-tiba, hingga kini masih mengundang rasa ketakutan dari ratusan warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News