Banjir Brebes Rendam Ribuan Rumah, Pemprov Jateng Pasok Logistik Pengungsi

Banjir Brebes Rendam Ribuan Rumah, Pemprov Jateng Pasok Logistik Pengungsi
Pemprov Jateng pasok logistik bagi pengungsi banjir brebes yang merendam ribuan rumah warga. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, BREBES - Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengunjungi kawasan bencana banjir di Desa Kedung Tukang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, pada Selasa (27/2) petang.

Kunjungan itu untuk memastikan penanganan dan evakuasi terhadap warga yang terdampak bencana banjir tersebut.

Nana menyatakan, bencana banjir yang terjadi di daerah tersebut akibat Sungai Pemali yang meluap karena intensitas hujan tinggi. Ribuan rumah warga terendam banjir.

"Tidak ada tanggul yang jebol, tetapi debit airnya besar sampai meluap, sehingga menyebabkan pemukiman dan persawahan ini terendam,” kata Nana saat melakukan tinjauan.

Hingga Selasa, 27 Februari 2024, banjir tersebut meluas hingga di 36 desa di enam kecamatan; yaitu Wanasari, Bantarkawung, Larangan, Jatibarang, Songgom, Kecamatan Brebes.

Akibatnya, sekitar 7.000 an rumah warga ikut terendam banjir. Jumlah warga yang mengungsi awalnya ada 850 warga. Namun saat ini tinggal 500-an orang.

"Sekarang jumlah pengungsi sudah mulai berkurang, seiring mulai surutnya air, sehingga masyarakat sudah banyak yang kembali dan membersihkan rumah-rumahnya,” kata Nana.

Dalam kesempatan itu, Organisasi Perengkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng memberikan bantuan senilai Rp 300 juta berupa sembako, pakaian, obat-obatan, dan sebagainya.

Pemprov Jateng pasok logistik bagi pengungsi banjir brebes yang merendam ribuan rumah warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News