Banjir Lahar Dingin Menerjang Tubo

Banjir Lahar Dingin Menerjang Tubo
Lahar dingin dari Gunung Gamalama. Foto: MALUT POST/JPNN
TERNATE - Erupsi Gunung Gamalama yang meletus Senin (05/12) dinihari pukul 00.08 mengancam warga sekitar Kota Ternate. Banjir lahar dingin dari gunung dengan membawa material dan batang pohon menerjang perkampungan warga. Sedikitnya, 9 rumah warga rusak disapu banjir.

Peristiwa ini memaksa warga sekitar mengungsi di tempat-tempat yang aman. Berdasarkan pengamatan Malut Post (JPNN Grup), sejumlah warga dengan perlengkapan seadanya langsung meninggalkan rumah begitu mengetahui air mulai meluap dan menerjang rumah-rumah warga. “Kami hanya takut kalau-kalau air lebih besar lagi menerjang. Apalagi air yang turun ikut bersama lumpur dan batu serta batang pohon,” ujar Fatma, warga Tubo.    

Usman, salah satu warga ditemui mengaku, luapan lahar dingin menerjang sekitar sekitar pukul 08.00 WIT. Peristiwa ini terjadi secara tiba-tiba sehingga warga di dekat sungai tersebut umumnya tidak sempat membawa harta bendanya untuk mengungsi.

Sementara pihak Pos Pemantau Gunung Gamalama memastikan bahwa status Gunung Gamalama masih di kategori Siaga 1. “Status siaga ini kita belum bisa prediksi kapan statusnya akan naik dan akan turun. Yang jelas kita tetap memantau. Nanti dalam 24 jam ke depan kita akan evaluasi. Jika kondisinya membaik kita akan turunkan statusnya,” kata Kepala pos pemantauan Gunung Gamalama Pusat vulkanologi dan metigasi bencana geologi Darno Lamani.

TERNATE - Erupsi Gunung Gamalama yang meletus Senin (05/12) dinihari pukul 00.08 mengancam warga sekitar Kota Ternate. Banjir lahar dingin dari gunung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News