Banjir Melanda Sejumlah Desa di Kapuas Hulu

Banjir Melanda Sejumlah Desa di Kapuas Hulu
Kondisi banjir di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat (5/8/2022). ANTARA/Teofilusianto Timotius.

jpnn.com, KAPUAS HULU - Banjir melanda sejumlah desa pada lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (5/8).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan banjir mulai terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dengan kedalaman air rata-rata 50 centimeter hingga satu meter. 

"Ada satu jembatan di Desa Jerenjang rusak akibat banjir dan di sejumlah desa tidak bisa dilalui kendaraan," kata Gunawan di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Jumat (5/8).

Gunawan mengimbau masyarakat tetap waspada, karena debit air Sungai Kapuas, Sungai Sibau, dan Sungai Mendalam masih terus naik. Menurut dia, untuk saat ini luapan sejumlah sungai itu telah merendam sejumlah desa. 

Gunawan menjelaskan di Kecamatan Putussibau Utara, banjir merendam Desa Tanjung Lasa, Sibau Hulu, Sibau Hilir dan Desa Padua Mandalam. 

Di Kecamatan Putussibau Selatan, yaitu Desa Tanjung Lokang dan sejumlah daerah dataran rendah lainnya, seperti Teluk Barak dan Tanjung Jati.

Kemudian di Kecamatan Pengkadan, banjir merendam Desa Pengkadan Hilir. 

Di Kecamatan Silat Hilir, banjir terjadi di Desa Miau Merah.

Banjir melanda sejumlah desa pada lima kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (5/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News