Bank Diminta Hentikan Kenaikan Bunga Deposito

Bank Diminta Hentikan Kenaikan Bunga Deposito
Bank Diminta Hentikan Kenaikan Bunga Deposito
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah meminta perbankan untuk mengerem laju pengucuran kredit konsumsi. Bank sentral juga meminta perbankan tidak menaikkan lagi suku bunga deposito. Meski demikian, belum ada kesepakatan dari perbankan untuk melakukan anjuran bank sentral tersebut.

"Kita tadi mengecek mengenai kesepakatan bagaimana bisa mengurangi gap antara komitmen kredit dan dana masyarakat. Mereka akan melakukan upaya mengerem kredit (konsumsi). Jadi ini hanya laporan saja," kata Gubernur BI Boediono di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/9).

Pertumbuhan kredit hingga Agustus lalu mengalir cukup deras hingga 35 persen, dan masih didominasi oleh kredit konsumsi. Akselerasi tersebut jauh di atas target yang dipatok BI sebesar 22 persen. Juga masih lebih tinggi dari rencana bisnis 15 bank dengan aset terbesar sebesar 24,6 persen.

Boediono menambahkan, fasilitas repo (gadai) surat berharga negara juga sudah dimanfaatkan oleh perbankan. Fasilitas ini diberikan untuk mengatasi kekeringan likuiditas. "Beberapa hari terakhir ini, repo itu sudah banyak yang mengambil," kata Boediono.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah meminta perbankan untuk mengerem laju pengucuran kredit konsumsi. Bank sentral juga meminta perbankan tidak menaikkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News