Lebaran, PLN Istirahatkan 12 Pembangkit

Lebaran, PLN Istirahatkan 12 Pembangkit
Lebaran, PLN Istirahatkan 12 Pembangkit
JAKARTA – Masyarakat kini tak perlu khawatir lagi listrik bakal byarpet selama Lebaran. Meski PT PLN berencana mematikan (shutdown) 12 pembangkit, perusahaan setrum itu menjamin pasokan listrik saat Hari Raya Idul Fitri tetap aman.

Wakil Dirut PT PLN Rudiantara menyatakan, ke-12 pembangkit listrik itu dimatikan karena beban puncak di sistem Jawa-Bali berkurang. ’’Total ke-12 pembangkit di sistem Jawa-Bali itu berkapasitas 4.134,8 megawatt (MW). Meski begitu, insya Allah pasokan listrik tetap aman. Artinya, tidak ada pemadaman bergilir yang terjadwal,’’ ujarnya di Kantor Pusat PLN, Rabu (24/9).

Dia menyatakan, 12 pembangkit tersebut dimatikan untuk memberikan kesempatan perawatan guna mengantisipasi naiknya beban pasca-Lebaran. ’’Saat Lebaran, beban memang turun karena industri libur. Karena itu, beberapa pembangkit kami maintenance supaya saat beban naik pasca-Lebaran, pembangkit bisa dioptimalkan,’’ jelasnya.

Direktur Pembangkitan Luar Jawa, Madura, dan Bali PLN Hariyadi Sadono menambahkan, kebijakan PLN mematikan 12 pembangkit itu diambil karena saat Lebaran beban puncak menurun. ’’Bahaya kalau tidak dipadamkan karena bisa menyebabkan pembangkit rusak,’’ ujarnya.

JAKARTA – Masyarakat kini tak perlu khawatir lagi listrik bakal byarpet selama Lebaran. Meski PT PLN berencana mematikan (shutdown) 12 pembangkit,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News