Bank Dunia Jadi Biang Krisis Global

Bank Dunia Jadi Biang Krisis Global
Bank Dunia Jadi Biang Krisis Global
JAKARTA - Koalisi Anti Utang (KAU) menuding Bank Dunia sebagai penyebab krisis iklim, finansial dan pangan yang saat ini tengah mengancam dunia. "Bank dunia satu-satunya lembaga keuangan pemberi utang terbesar untuk industri ekstraktif. Sejak tahun 1992 lebih dari 133 paket utang dengan total mencapai US$28 Milyar guna membiayai industri ekstraktif seperti batu bara, minyak dan gas," kata Koordinator KAU Dani Setiawan di Jakarta, Selasa (14/10).

Pinjaman tersebut, lanjutnya, setiapnya telah digunakan untuk membiayai proyek yang menghancurkan lingkungan dan iklim. Sementara utang tersebut dibayar lewat anggaran publik, perusahaan transnasional yang jelas-jelas hanya menguntungkan Bank Dunia.

Tidak hanya itu, Dani Setiawan juga mensinyalir selama 3 dekade Institusi Keuangan Internasional juga menjadikan utang sebagai alat untuk mengintervensi kebijakan negara selatan termasuk Indonesia yang mendorong liberalisasi keuangan, ekstraksi kekayaan alam dan konsentarasi kekayaan pada segelintir orang serta penghisapan ekonomi negara selatan oleh negara utara dan perusahaan transnasional.

"Semua itu mendorong pola pembangunan neoliberal yang menyebabkan terjadinya krisis iklim, finansial dan pangan," tegas Dani Setiawan.

JAKARTA - Koalisi Anti Utang (KAU) menuding Bank Dunia sebagai penyebab krisis iklim, finansial dan pangan yang saat ini tengah mengancam dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News