Bank Dunia Kucurkan Dana Bantuan Penanganan Covid-19 untuk Indonesia, Sebegini Besarannya...

Bank Dunia Kucurkan Dana Bantuan Penanganan Covid-19 untuk Indonesia, Sebegini Besarannya...
Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pendanaan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pendanaan sebesar USD 500 juta atau sekitar Rp 7 triliun untuk membantu Indonesia.

Kucuran dana itu dilakukan dalam untuk menghadapi ancaman Covid-19, memperkuat kesiapsiagaan sistem kesehatan, serta mendukung program vaksinasi gratis pemerintah.

"Pendanaan ini akan membantu Indonesia menyalurkan vaksin secara aman dan efektif," kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen di Jakarta, Jumat (18/6).

Kahkonen menjelaskan pendanaan baru ini menggunakan pendekatan berbasis hasil.

Nantinya, kata dia, digunakan untuk mendorong penggunaan sistem pemerintah dan menambah pendanaan yang telah digunakan untuk mendukung peningkatan kapasitas dalam hal isolasi pasien, ketersediaan tempat perawatan kritis, kapasitas pengujian, serta memperkuat komunikasi risiko publik, pengawasan, dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi.

"Dukungan dari Bank Dunia ini bersama dengan dukungan para mitra pembangunan internasional lainnya akan memperkuat berbagai upaya Pemerintah Indonesia untuk menekan dampak pandemi secara efisien serta meningkatkan sistem dan layanan perawatan kesehatan," katanya.

Dia menyebutkan pendanaan baru ini difokuskan pada tiga bidang hasil yaitu penyelenggaraan layanan kesehatan yang lebih baik, pengawasan, dan pengendalian mutu di laboratorium yang lebih kuat.

"Serta komunikasi dan koordinasi yang lebih baik dalam hal tanggap darurat dan pengiriman vaksin," ujar Kahkonen.

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pendanaan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News