Bank Dunia Siapkan Rp 4,1 T untuk Perangi Ebola di Kongo

Bank Dunia Siapkan Rp 4,1 T untuk Perangi Ebola di Kongo
Petugas kesehatan memakai baju pelindung sebelum merawat pasien ebola. Foto: AFP

jpnn.com - Bank Dunia menyiapkan paket hibah dan kredit senilai USD 300 juta atau Rp 4,1 triliun untuk mendukung kampanye melawan virus ebola yang mematikan di Republik Demokratik Kongo.

Dikabarkan Reuters, dalam sebuah pernyataan yang dirilis, Rabu (24/7), pendanaan itu akan memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan rencana tanggap darurat ebola yang akan disetujui oleh pemerintah Kongo dan konsorsium internasional minggu depan.

Wabah ebola diketahui kembali membuat resah warga Republik Demokratik Kongo. Penularannya yang terus berkembang pesat membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa wabah ebola di Kongo sebagai darurat kesehatan masyarakat yang perlu menjadi perhatian internasional awal bulan ini.

BACA JUGA: Wabah Ebola Menggila, Petugas Kesehatan Malah Dibantai Warga

Epidemi eboa berkembang terutama di wilayah Kongo timur dan menjadi yang paling mematikan kedua dalam catatan sejarah Kongo.

Sejak Agustus tahun lalu, tercatat wabah ebola telah menewaskan lebih dari 1.600 orang dari lebih dari 2.500 kasus di Kongo. Virus Ebola sendiri merupakan virus yang sangat menular dan memiliki tingkat kematian rata-rata sekitar 50 persen. (rmol/jpnn)


Bank Dunia menyiapkan paket hibah dan kredit senilai USD 300 juta atau Rp 4,1 triliun untuk mendukung kampanye melawan virus ebola yang mematikan di Republik Demokratik Kongo.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News