Bank Kolaps di AS Bakal Melonjak

Analis: Lebih dari 100 Ambruk Tahun Depan

Bank Kolaps di AS Bakal Melonjak
Bank Kolaps di AS Bakal Melonjak
SAN FRANCISCO - Langkah penyelamatan (bailout) senilai USD 700 miliar oleh pemerintah AS diprediksi belum bisa memulihkan industri finansial dari gejolak. Analis justru meramalkan banyak bank di AS tidak akan bertahan. Jumlah yang kolaps bakal lebih banyak tahun depan.

''(Bailout) itu memang akan membantu, tapi tidak akan bisa menyelamatkan. Sebab, banyak bank yang menyalurkan pinjaman konstruksi dan tipe aset lain yang memburuk sehingga tak teratasi pemerintah,'' ramal Jaret Seiberg, analis Stanford Financial. Dia mengestimaksikan lebih dari 100 bank kolaps di AS tahun depan.

Pemerintahan Presiden George W. Bush memiliki komitmen untuk menyediakan USD 700 miliar guna mengambil-alih kredit macet perbankan. Tapi, analis ragu langkah itu bisa mencegah gejolak. Yang jadi pertanyaan adalah berapa banyak institusi finansial (bank) yang akan kolaps dan berapa pula yang bisa tertolong. Regulator terus berupaya melindungi dana asuransi simpanan.

Dibelit kerugian besar akibat kredit perumahan, saat ini industri perbankan di AS terkena guncangan terhebat sejak akhir 1980-an dan awal 1990-an. Saat itu, lebih dari 800 institusi finansial dan bank yang dijamin pemerintah federal kolaps dalam periode tiga tahun krisis (lazim disebut savings and loan crisis atau S&L crisis).

SAN FRANCISCO - Langkah penyelamatan (bailout) senilai USD 700 miliar oleh pemerintah AS diprediksi belum bisa memulihkan industri finansial dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News