Eropa Proteksi Simpanan

Eropa Proteksi Simpanan
Eropa Proteksi Simpanan
STOCKHOLM - Eropa mengambil langkah sigap dalam meredam dampak gejolak finansial. Negara-negara Nordik, Denmark dan Swedia, akan meningkatkan proteksi atas simpanan dan rekening di bank. Langkah itu dilakukan demi meningkatkan kepercayaan di tengah melemahnya bursa saham Eropa dan banyaknya upaya penyelamatan oleh bank sentral dunia terhadap bank-bank yang kolaps.

Di Denmark, bank-bank komersial setuju untuk menyuntikkan hingga 35 miliar kronor atau USD 6,4 miliar selama dua tahun untuk membantu penjaminan atas rekening nasabah di bank dari kerugian.

Di Swedia, pemerintah akan meningkatkan batas asuransi deposito menjadi 500 ribu kronor (USD 71 ribu) dari semula 250 ribu kronor (USD 35.500). ''Ini dimaksudkan untuk menjamin nasabah tetap percaya pada sistem keuangan,'' kata Menkeu Swedia Anders Borg dan Menteri Urusan Capital Market Mats Odell.

Keputusan ini muncul setelah pemerintah Jerman coba meredam kepanikan akibat terpuruknya sektor keuangan. Langkah itu memperkuat penyelamatan atas Hypo Real Estate AG dan menjamin rekening bank swasta.

STOCKHOLM - Eropa mengambil langkah sigap dalam meredam dampak gejolak finansial. Negara-negara Nordik, Denmark dan Swedia, akan meningkatkan proteksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News