Bank Mandiri Perkuat Sektor UKM

Bank Mandiri Perkuat Sektor UKM
Bank Mandiri Perkuat Sektor UKM
JAKARTA – Atas peran aktif dalam mendukung perkembangan UKM di Indonesia, The Asset mendaulat Bank Mandiri sebagai The Best SME Bank di Indonesia. Ini merupakan penghargaan pertama yang diberikan majalah ekonomi terkemuka di Asia tersebut kepada perbankan di Indonesia.  ”Penghargaan ini mendorong kami untuk terus memperkuat komitmen mengembangkan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di tanah air,” kata Sunarso.

Untuk memperkuat kontribusi perusahaan pada perkembangan UKM nasional, Bank Mandiri telah memiliki unit Business Banking yang khusus menangani UKM. Secara umum kredit yang disalurkan oleh Mandiri Business Banking meliputi limit kredit di atas Rp 100 juta sampai Rp 10 miliar.

Pada 2011, Bank Mandiri mencatat pengucuran kredit UKM hingga lebih dari Rp 30 triliun kepada lebih dari 40 ribu pelaku UKM di berbagai wilayah Indonesia, atau tumbuh sekitar 33 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 22,7 triliun.

Menurut Sunarso, pengembangan UKM di Indonesia memiliki beberapa tantangan yang unik. Di antaranya keberadaan pelaku usaha UKM yang secara geografis tersebar cukup luas dan  bergerak di beberapa sektor industri seperti perkebunan, pertanian, perdagangan, industri kreatif, jasa dan sebagainya. Pengembangan UKM juga memiliki tantangan berupa keragaman suku, bahasa dan adat istiadat di Indonesia serta tingkat edukasi pelaku UKM yang beragam.

JAKARTA – Atas peran aktif dalam mendukung perkembangan UKM di Indonesia, The Asset mendaulat Bank Mandiri sebagai The Best SME Bank di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News