Bank Pacu Bisnis Syariah

Bank Pacu Bisnis Syariah
Bank Pacu Bisnis Syariah
JAKARTA – Bisnis perbankan syariah bakal semakin mengembang. Berbagai aksi korporasi bank-bank berskala besar yang mengakuisisi bank kecil untuk dijadikan bank syariah terus berlanjut.

      Salah satunya adalah Bank Persyarikatan Indonesia (BPI) yang kini sudah dimiliki PT Bank Bukopin Tbk. BPI bakal diganti nama menjadi PT Bank Syariah Bukopin.

      Corporate Secretary Bukopin Riyanto menjelaskan, Bank Syariah Bukopin adalah entitas bisnis sendiri yang terpisah dari Bukopin. "Nanti itu akan dimerger dengan Unit Usaha Syariah (UUS) yang masih kami miliki," ujarnya di Jakarta.

      Dengan demikian, imbuh dia, UUS itu nantinya bakal di-spin off dari induknya, yaitu Bank Bukopin. UUS tersebut bakal melebur ke dalam Bank Syariah Bukopin. "Sekarang proses penggabungan itu sedang kami proses. Izin-izinnya sudah kami ajukan ke otoritas terkait," paparnya.

      Riyanto mengatakan, perseroan menargetkan awal tahun depan proses spin off dan peleburan itu sudah selesai. "Masih banyak aspek yang harus diselesaikan. Jadi, masih butuh waktu," terangnya.

      "Kami akan segera membangun infrastrukturnya untuk menambah dan memperkuat jaringan," tuturnya. Bank syariah baru tersebut nantinya akan difokuskan ke pembiayaan UMKM. "Fokusnya tetap ke UMKM karena kami sudah lama bergerak ke sektor tersebut." Sebanyak 24,73 persen saham BPI sebelumnya sudah diakusisi Bukopin pada awal Maret silam. Kini, seluruh sahamnya sudah dimiliki Bukopin.

      Per Mei 2008, total aset UUS Bukopin telah mencapai Rp 751 miliar. Pembiayaan mereka yang sebesar Rp 545,9 miliar melebihi besaran dana yang dihimpun, yaitu sebesar Rp 294,9 miliar. 

      Sebelumnya, sejumlah rencana bisnis syariah sudah mulai dirintis oleh bank-bank konvensional. Sejumlah bank yang akan konversi ke bank syariah, antara lain, BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Panin. Bank Jasa Arta yang baru saja diakuisisi BRI juga bakal dijadikan bank syariah. BRI menyuntikkan dana Rp 500 miliar untuk keperluan aksi korporasi tersebut. Sementara rencana spin off BNI Syariah ditargetkan tuntas tahun ini setelah sejumlah investor kakap asal Timur Tengah menjajaki kemungkinan ikut menyuntikkan dana.

JAKARTA – Bisnis perbankan syariah bakal semakin mengembang. Berbagai aksi korporasi bank-bank berskala besar yang mengakuisisi bank kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News