Bantai Juara Bertahan, Persipura Catat Sejarah di AFC Cup

Bantai Juara Bertahan, Persipura Catat Sejarah di AFC Cup
Persipura menjadi tim Indonesia pertama yang lolos ke semifinal AFC Cup. Foto: ligaindonesia.

jpnn.com - JAYAPURA - Persipura Jayapura langsung menjadi favorit juara AFC Cup 2014. Hal itu cukup pantas, menyusul torehan fenomenal tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut di leg kedua perempatfinal yang digelar di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/8). Di depan pendukung setianya, Persipura membantai juara bertahan Kuwait SC dengan skor 6-1.

Persipura yang dalam leg pertama di kandang Kuwait SC, takluk 3-2, langsung bermain agresif sejak awal. Tuan rumah sudah unggul cepat di menit ke-2 lewat aksi gelandang asal Argentina Robertino Pugliara. 1-0, Persipura leading.

Tertinggal gol cepat, Kuwait SC meningkatkan tempo permainan. Akibatnya, penjaga gawang Yoo Jae-Hoon pun dipaksa bekerja keras. Fans Persipura juga harus cemas usai pemain belakang andalan mereka, Bio Pauline harus ditarik keluar pada menit ke-18, karena cedera. Beruntung, Dominggus Fakdawer yang menggantikan Bio, bisa langsung nyetel dengan rekannya di pertahanan, sehingga tak berkurang kekuatannya.

Pada menit ke-43, Persipura menggandakan keunggulannya lewat gol indah Boaz Solossa. Pada masa injury time, Robertino kembali menambah keunggulan bagi Persipura, setelah menerima assist dari Titus 'Tibo' Bonai. Babak pertama pun ditutup dengan skor 3-0 bagi tuan rumah.

Usai turun minum, Persipura tidak menurunkan tempo permainan. Pada menit ke-51, Tibo membobol gawang Kuwait memanfaatkan bola muntah. Kuwait SC sempat membuka asa pada menit ke-65, setelah Reza mencetak gol lewat sundulan kepalanya.  Namun, itu hanyalah gol hiburan bagi sang tamu. Pasalnya, tak lama kemudian Robertino membuat Persipura semakin unggul jauh, lewat hattricknya. Pertandingan pun seakan sudah selesai bagi Kuwait. Puncaknya, jelang laga usai Ferinando Pahabol menjadi pemain yang mencetak gol keenam, sekaligus penutup kemenangan 6-1 bagi Persipura.

Persipura pun lolos ke semifinal dengan agregat 8-4. Dilansir dari situs resmi Liga Indonesia, Selasa (26/8), Kuwait SC ini adalah tim yang sudah tiga kali juara AFC Cup. Torehan Persipura ini juga merupakan sejarah tersendiri. Sebab, inilah kali pertama klub Indonesia menjejakkan kaki di 4 Besar AFC Cup.

Di semifinal, Persipura akan berhadapan dengan pemenang laga Al Hidd (Bahrain) kontra Qadsia SC (Kuwait) yang baru digelar 16 dan 30 September 2014. (adk/jpnn)

JAYAPURA - Persipura Jayapura langsung menjadi favorit juara AFC Cup 2014. Hal itu cukup pantas, menyusul torehan fenomenal tim berjuluk Mutiara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News