Banteng Terluka

Oleh: Dahlan Iskan

Banteng Terluka
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - LEMBAGA yang dibentuk untuk menjaga etik dan profesionalisme pejabat ini punya penghasilan USD 6 juta setahun. Atau sekitar Rp 100 miliar. Independen. Tidak bisa ditekan. Tidak bisa diintervensi.

Lembaga inilah yang berhasil membuat tokoh sekelas Donald Trump kini terpojok.

Anda sudah tahu perkembangan terbaru kemarin: mahkamah agung negara bagian Colorado mencoret nama Trump sebagai calon presiden Amerika Serikat di pemilihan awal 4 Maret depan.

Baca Juga:

Memang itu hanya berlaku di Colorado. Kartu suara di sana tidak akan ada calon bernama Donald Trump.

Namun, di negara bagian lain proses serupa juga lagi berjalan: Di Arizona, Michigan, dan Minnesota. Lalu akan ke yang lain lagi.

Yang mendalangi gugatan itu adalah CREW. Lembaga ini didirikan tahun 2003. Tujuannya: mengawasi semua pejabat pemerintah. Agar mereka tidak korupsi. Juga agar mereka menjunjung tinggi etika sebagai pejabat publik.

Baca Juga:

Yang mereka awasi pejabat pusat maupun daerah. Termasuk para anggota DPR dan DPRD.

CREW punya cara tersendiri agar lembaganya independen, termasuk dalam soal pendanaan. Mereka mengutamakan donasi kecil-kecil dari rakyat biasa.

Anda sudah tahu perkembangan terbaru kemarin: mahkamah agung negara bagian Colorado mencoret nama Trump sebagai calon presiden Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News