Bantuan Mentawai Rawan Dikorupsi

Pengawasan Minim, Bupati Tidak Transparan

Bantuan Mentawai Rawan Dikorupsi
Bantuan Mentawai Rawan Dikorupsi
JAKARTA - Hari kedelapan penanganan pasca tsunami di Kepulauan Mentawai bantuan untuk korban telah menumpuk di setiap sudut Kecamatan Sikakap. Di Posko Utama Sikakap bantuan berupa bahan makanan, peralatan rumah tangga, dan beragam keperluan sanitasi tampak menggunung. Distribusi telah dilakukan, namun jumlah bantuan melebihi kapasitas konsumsi pengungsi.

"Kalau kami amati memang bantuan sudah menumpuk, tapi kami juga tidak berwenang untuk menolak bantuan," ujar Camat Sikakap Duddi Sinaga ketika ditemui di pengungsian Sikakap kemarin (3/11).

Bantuan yang disalurkan oleh berbagai lembaga donor termasuk pemerintah dan swasta itu jika diperkirakan jumlahnya telah melebihi kuota konsumsi korban gempa. Pengungsi berjumlah 15 ribu Jiwa dari total 24 ribu penduduk yang tinggal di pulau terdampak tsunami itu. Namun, ratusan ton bantuan itu diperkirakan melebihi kemampuan konsumsi pengungsi hingga sebulan lebih. Yang menjadi kendala, keran distribusi bantuan juga masih tersendat. Dikhawatirkan, bantuan yang kebanyakan adalah bahan makanan akan rusak ketika disimpan dalam gudang. "Itu sudah kami perhitungkan juga sekarang fokusnya adalah mendistribusikan dulu baru lainnya," ujar dia.

Ketika Jawa Pos berusaha mendapatkan data akurat jumlah bantuan, tak satupun wakil pemerintah yang bisa menyediakan. Pendataan data bantuan Mentawai tampak carut marut karena koordinasi dengan pemerintah setempat sangat kurang. Bupati Mentawai Edison Salueluebaja yang harusnya menjadi pemandu bagi bantuan yang deras mengalir juga lebih sering tidak ada di tempat. Bahkan, ketika JK mengunjungi lokasi gempa, Edison tidak bisa menemani. Informasi dari warga sekitar mengabarkan bahwa Edison tengah memancing ikan dan menemani sejumlah investor berkeliling pulau. "Karena dia mempersiapkan rehabilitasi wisata pasca gempa," ujar seorang stafnya beralasan.

JAKARTA - Hari kedelapan penanganan pasca tsunami di Kepulauan Mentawai bantuan untuk korban telah menumpuk di setiap sudut Kecamatan Sikakap. Di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News