Bantuan Miliaran Rupiah untuk Kabupaten Seluma

Bantuan Miliaran Rupiah untuk Kabupaten Seluma
Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com, SELUMA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan ke Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Bantuan tersebut sebagai wujud dukungan pengembangan pendidikan dan kebudayaan di daerah baru yang belum lama terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 3 tahun 2003, sebagai pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Bantuan yang diberikan adalah satu mobil bioskop keliling untuk sarana edukasi di Kabupaten Seluma. Selain itu diserahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 374 siswa jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA/SMK, serta Pendidikan Kesetaraan.

"Mobil bioskop keliling ini diberikan atas permintaan Pemkab Seluma untuk menanamkan nilai budaya melalui film produksi dalam negeri. Apalagi Seluma belum memiliki bioskop atau layar lebar," kata Mendikbud Muhadjir Effendy saat kunker ke Bengkulu, kemarin.

Beberapa film yang sudah dibeli rekamannya oleh Kabupaten Seluma yakni Laskar Pelangi, Ayat-ayat Hafalan Delisa, 7 Summer 10 Autumn, Garuda di Dadaku, Cokro Sang Guru Bangsa.

“Film-film seperti ini sangat baik ditontonkan kepada anak-anak untuk menumbuhkan rasa nasionalime,” ujarnya.

Untuk pemberian KIP kepada 374 siswa ini diberikan ke 82 siswa Sekolah Dasar (SD), 49 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), 118 siswa Sekolah Menengah Atas, 46 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan 79 siswa Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C.

Selain itu, Kemendikbud juga memberikan bantuan sarana dan prasarana Sekolah Dasar sebesar Rp 2,1 miliar, dan bantuan sarana TIK senilai Rp 600 juta. Selanjutnya bantuan pendidikan juga diberikan kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan ke Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News