Bantuan Pangan dan Bansos Nontunai Segera Disalurkan

Bantuan Pangan dan Bansos Nontunai Segera Disalurkan
Menko PMK (tengah) memimpin rakor persiapan pelaksanaan Bantuan Pangan Nontunai 2018. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) memantapkan persiapan penyaluran Bantuan Sosial Nontunai dan Bantuan Pangan Nontunai. Kementerian di bawah pimpinan Puan Maharani itu tidak ingin manfaat bantuan tersebut tidak dirasakan langsung oleh masyarakat bawah sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Sudah ada mekanisme kerja tim pengendali bantuan sosial nontunai dan juga bantuan pangan nontunai. Ketua timnya Menko PMK, wakilnya Kepala Bappenas plus kementerian/lembaga terkait ikut di dalamnya, termasuk juga ada OJK," kata Mbak Puan usai memimpin rapat koordinasi tingkat menteri membahas peluncuran atau kick off Perpres No.63/2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Nontunai serta rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Bantuan Pangan Nontunai 2018, di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (2/11).

Hadir dalam rakor itu Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia ( BI) Agus Martowardojo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, laku dari pihak OJK, serta pejabat terkait lainnya.

Puan menjelaskan bahwa Perpres tentang Penyaluran Bansos Nontunai telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Juli 2017. Dia menjelaskan bahwa tujuan Perpres ini agar penyaluran bansos kepada masyarakat lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi. Termasuk berkontribusi terhadap peningkatan keuangan inklusif.

"Perpres juga mengatur teknis penyaluran bansos secara nontunai, yakni melalui bank BUMN kepada rekening masyarakat penerima bansos. Program ini adalah upaya pemerataan ekonomi yang berkeadilan dan percepatan perwujudan kesejahteraan," tutur Puan.

Cucu proklamator kemerdekaan RI, Soekarno ini mengatakan dalam Perpres 63/2017 juga mengatur bahwa rekening penerima bansos dapat diakses melalui Kartu Kombo, yakni semacam instrumen pembayaran yang memiliki fitur uang elektronik dan tabungan yang bisa digunakan sebagai media penyaluran berbagai bansos, termasuk Kartu Keluarga Sejahtera.

"Penyaluran Bansos nontunai maupun bantuan pangan nontunai diharapkan bisa tepat sasaran dan tepat guna. Semua pihak harus yakin tak ada gangguan teknis dalam penyalurannya kepada masyarakat," kata Puan.

Menko PMK menyampaikan bahwa ada sekitar 75.500 e-warung yang akan mendukung penyaluran bansos nontunai maupun bantuan pangan nontunai ini. Program ini akan dilakukan mulai Januari 2018, kemudian Februari 2018, dilanjutkan pada Juli dan Agustus 2018.

Program ini akan dilakukan mulai Januari 2018, kemudian Februari, dilanjutkan pada Juli dan Agustus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News