Banyak Banget yang Pengin Ketemu Prabowo Subianto

Banyak Banget yang Pengin Ketemu Prabowo Subianto
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Prabowo Subianto menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju yang sejauh ini paling banyak dikunjungi tamu-tamu asing. Sejak Prabowo menjabat menteri pertahanan, kantornya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat sering didatangi para dubes dan delegasi negara sahabat.

Mulai dari delegasi Rusia, Dubes India, Dubes Malaysia, Dubes Arab Saudi, Dubes Jepang, Dubes Yordania. Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, juga pernah berkunjung. Padahal, sebelumnya, AS disebut pernah melarang Prabowo berkunjung ke negaranya.

Tidak hanya di dalam negeri. Saat berada di luar negeri, Prabowo juga banyak disowani pejabat asing. Contohnya, saat Prabowo menghadiri ASEAN Defense Ministers Meeting (ADDM) Plus, di Anantara Riverside Bangkok Resort, Bangkok, Thailand, yang berlangsung sejak Sabtu (16/11) kemarin.

Pertemuan ini dihadiri seluruh Menteri Pertahanan di ASEAN. Selain itu, hadir pula Menteri Pertahanan dari Amerika Serikat, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Selain ketemu di forum, Prabowo juga melakukan pertemuan bilateral dengan para menhan negara lain. Momen pertemuan itu bisa dilihat dari beragam twit akun Twitter resmi Kementerian Pertahanan @kemhan. Unggahannya berisi foto-foto Prabowo yang semringah dan tampak gagah di depan perwakilan negara-negara asing tersebut.

Dalam berbagai unggahan itu, Prabowo tampak ketemu Menhan Thailand General Prawit Wongsuwon, Menhan Vietnam General Ngo Xuan Lich, Menhan Brunei Darussalam Major General (Retired) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yusof, Menhan Filipina Delfin Negrillo Lorenzana, Menhan Kamboja General Tea Banh, Menhan Laos Jenderal Chansamone Chanyalath dan Menhan Amerika Serikat Mark Thomas Esper.

Dalam ADMM Retreat, Prabowo menegaskan komitmen Indonesia untuk membangun kawasan Asia Tenggara yang aman dan damai. Prabowo ingin Asia Tenggara disegani kawasan lain. Menurut Prabowo, ASEAN mempunyai potensi kekayaan alam yang luar biasa sehingga menjadi magnet kepentingan kekuatan global.

"Namun, potensi wilayah laut di Asia Tenggara akan sulit dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal jika tidak ada proteksi serta jaminan keamanan dan keselamatan dari masing-masing negara anggota ASEAN," kata Prabowo di hadapan sejumlah Menhan, seperti dikutip Antara.

Tidak hanya di dalam negeri, saat berada di luar, Prabowo Subianto juga banyak disowani pejabat asing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News