Banyak Bank yang Persulit Penyaluran KUR

Menkop Minta Bantuan Kepala Daerah Untuk Menegur

Banyak Bank yang Persulit Penyaluran KUR
Banyak Bank yang Persulit Penyaluran KUR
MALANG – Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali geregetan karena masih banyak bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR) di daerah yang mempersulit calon nasabah. Padahal pemerintah telah menjamin kredit bagi usaha mikro, kecil dan menengah itu.

   

Suryadharma mengaku banyak menerima laporan, adanya bank-bank di daerah yang meminta agunan kepada masyarakat yang mengajukan KUR. Padahal, masyarakat yang mengajukan KUR tidak perlu memberikan jaminan kepada bank.

    

Menkop mengaku kewalahan untuk menyelesaikannya satu per satu permasalahan KUR di daerah. "Karena itu saya minta bupati atau wali kota untuk membantu menyelesaikan. Panggil pimpinan cabang bank-nya, tegur," kata Suryadharma Ali saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Setia Budi Wanita di Malang Rabu (18/2).

    

Menurut Suryadharma, tahun ini pemerintah menganggarkan Rp 2 triliun untuk menjamin KUR. Dengan nilai jaminan tersebut, target KUR yang dikucurkan ke masyarakat pada 209 adalah Rp 20 triliun. Menkop khawatir, dana Rp 20 triliun itu tidak terserap semuanya gara-gara persyaratan berbelit yang dibuat oleh bank.

    

MALANG – Menteri Koperasi dan UKM Suryadharma Ali geregetan karena masih banyak bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR) di daerah yang mempersulit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News