Banyak Bocor di Kemenkeu, MA Jeblok

Audit Laporan Keuangan Oleh BPK

Banyak Bocor di Kemenkeu, MA Jeblok
Banyak Bocor di Kemenkeu, MA Jeblok
JAKARTA -- Anggota II Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Taufiqurrahman Ruki mengatakan, dari hasil audit laporan keuangan yang dilakukan BPK terhadap Kementrian dan Kelembagaan, masih terdapat beberapa Kementrian/Lembaga (K/L) yang mendapat sorotan. Diantaranya adalah Kementrian Keuangan yang masih mendapatkan Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan Mahkamah Agung (MA) yang masih terpuruk dengan opini disclaimer.

Untuk Kementrian Keuangan yang hanya mendapat opini WDP, karena masih belum sempurnanya realisasi penerimaan perpajakan dan satuan kerja piutang Negara yang memberikan laporan belum lengkap.

‘’Sebenarnya ini hanya masalah rekonsiliasi saja. Tapi yang perlu menjadi perhatian (kemenkeu) adalah masih banyaknya kebocoran terutama pada aspek biaya dan penerimaan Negara. Penerimaan hibah juga masih menjadi masalah karena kadang hibah tidak dicatat dalam laporan asset,’’ jelas Ruki.

Dengan opini WDP pada Kemenkeu, lanjut Ruki, maka nantinya fokus pemeriksaan BPK pada tahun 2010 ini adalah pada pemeriksaan penerimaan Negara dan pembiayaan Negara.

JAKARTA -- Anggota II Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Taufiqurrahman Ruki mengatakan, dari hasil audit laporan keuangan yang dilakukan BPK terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News