Banyak Daerah Tunggak Iuran Askes

Banyak Daerah Tunggak Iuran Askes
Banyak Daerah Tunggak Iuran Askes
JAKARTA- Direktur Utama PT Askes I Gede Subawa menyatakan banyak pemerintah daerah yang menunggak iuran asuransi kesehatan. Padahal kepesertaan Askes didominasi PNS.

"Jumlah penunggak iuran Askes di daerah selalu bertambah, karena itu kami tengah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut," kata Subawa dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (3/1).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan MoU antara Askes dan Pemda. Hingga saat ini sudah 125 kabupaten/kota yang telah menandatangani MoU tersebut. "Dari kerja sama ini sudah membuahkan hasil 98 persen pemda telah membayar iuran Askes. Nantinya kerja sama ini akan diupayakan menyeluruh ke seluruh kab/kota," ujarnya.

Mengenai kesiapan Askes dalam pengelolaan kepesertaan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas), Subawa menyatakan sangat siap. Terlebih 41,1 persen peserta asuransi dikelola Askes. "Dari 231 juta penduduk Indonesia, 107 juta jiwa sudah mengikuti asuransi. Di mana 41,1 persennya dikelola Askes. Ini menunjukkan Askes siap dalam pengelolaan Jamkesmas," terangnya. (esy/jpnn)

JAKARTA- Direktur Utama PT Askes I Gede Subawa menyatakan banyak pemerintah daerah yang menunggak iuran asuransi kesehatan. Padahal kepesertaan Askes


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News