Banyak Guru Tak Lulus UKG

Banyak Guru Tak Lulus UKG
Banyak Guru Tak Lulus UKG
SANGATTA – Sejumlah guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) awal Agustus lalu ternyata seluruhnya merupakan guru yang telah bersertifikasi. Artinya guru yang mendapat pendapatan dua kali lipat dari guru biasa, karena dianggap memiliki kompetensi yang baik dan telah lulus sertifikasi guru.

Kendati demikian dari hasil UKG yang dilakukan tersebut ternyata banyak yang dinyatakan tidak lulus ujian. Hal ini diakui Kepala Dinas Pendidikan  Kutim Iman Hidayat pada wartawan beberapa waktu lalu. “Ya memang tak jauh beda dari tetangga di (Kabupaten/Kota) lain di Kaltim. Bahkan ada 25 guru kami yang tidak ikut uji kompetensi, karena tempat mengajarnya jauh di kecamatan dan tak dapat ke Sangatta pada saat ujian,” ungkap Iman.

Menurutnya, meskipun hasilnya mengecewakan, namun dapat dipahami jika dikaitkan dengan kemampuan guru dalam memperoleh sertifikasi. Sebab, saat ujian sertifikasi digelar, yang diujikan hanya ujian adminitrasi formal.

Sementara dalam UKG yang diujikan benar-benar terkait dengan uji kemampuan guru secara ilmiah.“Ending dari hasil UKG ini kami belum tahu. Apakah sertifikasi akan dicabut atau tidak. Karena belum ada petunjuk untuk itu. Jadi kami masih menunggu saja. Karena hasil UKG ini juga belum diketahui secara detail,” lanjutnya.

SANGATTA – Sejumlah guru yang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) awal Agustus lalu ternyata seluruhnya merupakan guru yang telah bersertifikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News