Banyak Peserta Tes CPNS Jeblok di Materi Wawasan Kebangsaan

Banyak Peserta Tes CPNS Jeblok di Materi Wawasan Kebangsaan
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Kendari Pos/JPG/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat kelulusan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkumham sangat rendah.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menuturkan di MA pelamar CPNS baru yang mengikuti SKD berjumlah 19.278 orang.

Tetapi yang dinyatakan lulus SKD hanya 2.545 orang atau sekitar 14 persen saja. Sedangkan untuk formasi SMA/D3 CPNS Kemenkum HAM, dari 267.692 peserta SKD hanya 19.166 orang yang lolos (7,16 persen).

’’Jika dilihat secara lebih jauh lagi, ada pelamar yang mendapatkan nilai SKD 0 poin,’’ katanya di Jakarta kemarin (2/10).

Dia berharap peserta seleksi CPNS baru 2017 benar-benar mempersiapkan diri. Sehingga melamar CPNS bukan untuk coba-coba saja.

Total ada tiga kategori penilaian dalam SKD CPNS 2017. Yakni tes karakter pribadi (TKP) dengan skor minimal (passing grade) 143 poin, tes intelegensia umum (80 poin), dan tes wawasan kebangsaan (75 poin).

Menurut Ridwan banyak peserta SKD CPNS 2017 yang mendapatkan nilai jeblok untuk kategori tes wawasan kebangsaan.

’’Menarik dianalisis. Apakah ini terkait banyaknya hoaks yang memecah persatuan bangsa,’’ tuturnya.

Peserta seleksi CPNS di 61 instansi harus benar-benar mempersiapkan diri. Sehingga melamar CPNS bukan untuk coba-coba saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News