Banyak Pihak Incar Gedung Lama KPK, Agus Lapor ke Jokowi

Banyak Pihak Incar Gedung Lama KPK, Agus Lapor ke Jokowi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC), Senin (26/11). Gedung tersebut berlokasi di kantor lama KPK di Jalan HR Rasuna Said Kavling C1 Jakarta Selatan.

Seluruh pimpinan KPK hadir pada peresmian itu. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya ingin ngajak segenap elemen bangsa dan komunitas internasional untuk memberantas korupsi melalui pendidikan antikorupsi.

"Memberantas korupsi tak hanya mengandalkan cara-cara represif. Masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi melalui pendidikan dan melahirkan semangat baru dalam upaya bersama memberantas korupsi," ujar Agus dalam pidatonya saat peresmian ACLC.

Lebih lanjut Agus mengatakan, ACLC merupakan hasil sinergi KPK dengan badan pendidikan dan pelatihan (diklat) di masing-masing kementerian/lembaga (K/L). Tujuannya adalah mendongkrak integritas masyarakat dalam rangka pemberantasan korupsi.

"Korupsi menghambat kesejahteraan rakyat. Dengan edukasi antikorupsi, maka  tindak pidana korupsi bisa diberantas," imbuhnya.

Agus juga menceritakan soal sejarah gedung untuk ACLC. Menurutnya, gedung itu merupakan kantor lama KPK.

Namun, kini banyak pihak yang mengincar gedung lama KPK. "Banyak perjuangan di gedung ini. Pasang surutnya KPK banyak terjadi di gedung ini. Ketika KPK mendapat gedung baru banyak yang mau mendapat gedung ini karena letaknya sangat strategis," tutur Agus.

Karena itu KPK langsung melapor ke Presiden Joko Widodo. Tujuannya agar tetap bisa mengelola gedung lama KPK ketimbang jatuh ke pihak lain.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan gedung Pusat Edukasi Antikorupsi atau Anti-Corruption Learning Center (ACLC) yang berlokasi di kantor lama KPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News