Banyak Rahasia Negara, Tes 33 Calon Dubes Tertutup

Banyak Rahasia Negara, Tes 33 Calon Dubes Tertutup
DPR RI/ JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komisi I DPR telah merampungkan fit and proper test terhadap 18 orang dari 33 calon duta besar (Dubes) Indonesia. Mereka diuji melalui rapat tertutup dalam dua hari terakhir.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Tahya mengatakan, tes tersebut sengaja digelar tertutup karena dalam pembahasannya banyak mengupas masalah rahasia negara.

"Prosesnya dilakukan tertutup. Tertutup karena beberapa visi misi rahasia. Rahasia dubes rahasia negara. Belum saatnya dibuka ke publik," kata Tantowi di gedung DPR Jakarta, Selasa (15/9).

Nantinya, tes tersebut akan dilakukan selama empat hari. Setiap hari ada sembolan calon yang akan diuji secara tertutup

Dalam prosesnya, lanjut politikus Golkar itu, Komisi I mendalami wawasan kecakapan masing-masing calon dubes. "Kami ingin kualitas kepatutan dan kepantasan," tambah Tantowi.

Tes difokuskan pada tiga hal. Salah satunya ialah wawasan politik dalam dan luar negeri. Selain itu, ada kecakapan dalam komunikasi. Semua calon harus memahami esensi diplomasi. Penilaian terakhir ialah keahlian bahasa dan pengalaman organisasi. (fat/jpnn)

Nama-nama 33 calon Dubes yang telah diusulkan presiden ke DPR:

1. Hasan Bagis ‎untuk Uni Emirat Arab

JAKARTA - Komisi I DPR telah merampungkan fit and proper test terhadap 18 orang dari 33 calon duta besar (Dubes) Indonesia. Mereka diuji melalui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News