Banyak Sekolah Rusak, Pejabat Pemda Rajin ke Pusat

Banyak Sekolah Rusak, Pejabat Pemda Rajin ke Pusat
Gedung sekolah rusak parah, beratap terpal. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yang punya ruang sekolah terbanyak mengalami kerusakan.

Namun sayang pemkab tak bisa berbuat banyak lantaran minimnya anggaran. Daerah masih berharap bantuan dari pusat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Hifsi G Fachrannas didampingi Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikbud Kukar Tulus Sutopo menjelaskan, sampai sekarang pihaknya rajin melobi pemerintah pusat untuk “menangkap” program pembangunan infrastruktur pendidikan di daerah. Termasuk rehabilitasi maupun pembangunan gedung sekolah baru.

Bahkan, kata Tulus, Disdikbud Kukar memboyong sejumlah pejabat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dengan begitu, pejabat pusat bisa memastikan rehabilitasi atau pembangunan gedung sekolah di kawasan tersebut memang layak.

Menurutnya, menangkap program pembangunan infrastruktur pendidikan dari pusat perlu keseriusan dan kepercayaan. Pada 2015, dana bantuan dari APBN untuk Kukar mencapai Rp 15 miliar.

Dari hasil penilaian, ternyata penggunaan dana tersebut dianggap maksimal. Akhirnya ditambah menjadi Rp 20 miliar tahun 2016.

Sedangkan tahun 2017, Kukar mendapat bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 11,6 miliar.

Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yang punya ruang sekolah terbanyak mengalami kerusakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News