Banyuwangi Raih Penghargaan Daerah Berkinerja Sangat Tinggi

Banyuwangi Raih Penghargaan Daerah Berkinerja Sangat Tinggi
Banyuwangi Raih Penghargaan Daerah Berkinerja Sangat Tinggi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas atas prestasi sebagai bupati dengan "Kinerja Sangat Tinggi". Penghargaan itu diserahkan Mendagri Gamawan Fauzi kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Jakarta, Jumat malam (25/4). 

Orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Banyuwangi itu masuk peringkat 20 besar sebagai bupati dengan kinerja sangat tinggi. Hanya ada 35 kabupaten dan 10 kota se-Indonesia yang mendapat penghargaan itu dari total sekitar 500 kabupaten/kota. 

Turut hadir dalam acara Malam Apresiasi tersebut, antara lain, Hadir pula dalam acara ini Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto. Penghargaan ini mengacu pada hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Penyelenggaraan penghargaan ini didukung oleh Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) dan Australian Aid.

Mendagri Gamawan Fauzi memberikan apresiasi kepada sedikit daerah yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Dia berharap penghargaan ini bisa meningkatkan kinerja daerah dalam memberikan pelayanan bagi publik di berbagai bidang.

"Saya ucapkan selamat kepada daerah yang memperoleh penghargaan. Semoga bisa semakin baik dalam mendorong pelayanan bagi publik," ujar Mendagri Gamawan Fauzi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penghargaan ini menjadi pelecut semangat untuk memacu kinerja menjadi lebih baik lagi. "Meraih penghargaan tentu saja bukan tujuan utama program pembangunan. Tapi apresiasi ini mendonorkan semangat bagi kami untuk lebih terpacu meningkatkan kinerja," ujar bupati yang pernah menempuh studi singkat ilmu kepemerintahan di Harvard Kennedy School of Government, Amerika Serikat, tersebut.

Anas mengatakan, kunci keberhasilan pembangunan adalah partisipasi semua elemen, baik di lingkungan pemerintahan maupun publik luas. Saat kali pertama menjabat, Anas membangun kepercayaan di internal birokrasi dan publik luas. 

"Kepercayaan ini penting karena akan mendorong partisipasi. Saya bilang ke semuanya di Banyuwangi, perubahan tidak menjamin keadaan lebih baik, tapi keadaan lebih baik tidak akan ada tanpa perubahan. Akhirnya semua tergugah. Sekarang Banyuwangi semakin baik, birokrasi dan publik kompak, meski saya akui masih ada beberapa yang perlu diperbaiki," jelas Anas.

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas atas prestasi sebagai bupati dengan "Kinerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News