Barcelona Bakal Lepas Coutinho, Rakitic dan Umtiti

Barcelona Bakal Lepas Coutinho, Rakitic dan Umtiti
Philippe Coutinho. Foto: AFP

jpnn.com, BARCELONA - Tiga pemain Barcelona Ivan Rakitic, Samuel Umtiti, dan Philippe Coutinho berada dalam daftar paling atas pemain yang akan dijual musim panas ini. Gaji yang tinggi jadi faktor utama. Total gaji ketiganya dalam semusim mencapai EUR 26 juta (Rp 419,2 miliar).

''Dari jumlah itu, lebih dari separonya yakni EUR 13,5 juta (Rp 217,5 miliar) adalah gaji semusim yang diterima Coutinho,'' tulis Marca.

Untuk Umtiti dan Coutinho, minimnya waktu bermain juga jadi penyebab pintu keluar terbuka bagi mereka. Sedangkan kehadiran gelandang belia Ajax Amsterdam Frenkie de Jong menjadi pertanda tidak langsung bahwa waktu Rakitic sudah habis di Barca meski musim ini dia masih jadi pilihan utama Valverde.

Ya, Umtiti musim ini kalah bersaing dari Clement Lenglet yang sejatinya adalah pelapisnya. Waktu bermain Umtiti tergerus karena cedera dengan hanya 14 kali berlaga di semua ajang. Sedangkan Lenglet di luar dugaan langsung tune in di musim debutnya dengan melahap 43 laga.

Tapi, khusus untuk Coutinho, Barca memang harus segera menjualnya musim panas ini. Jika berhasil, maka mereka bisa memangkas biaya yang harus dilunasi kepada Liverpool sebesar EUR 25 juta (Rp 402,9 miliar).

(Baca Juga: Barcelona Lirik Erik ten Hag Buat Pelatih, Sekalian Matthijs de Ligt Pengganti Pique)

Nominal itu berdasar klausul deal-nya dengan The Reds paro musim lalu. Ketentuannya, cash sebesar EUR 120 juta (Rp 1,93 triliun) dengan tambahan bonus EUR 40 juta (Rp 644,9 miliar) yang dibagi dalam beberapa bagian kesepakatan yang kondisional.

Antara lain, masing-masing EUR 5 juta (Rp 80,6 miliar) untuk lolos ke Liga Champions musim ini dan musim depan, minimal bermain sebanyak 25 laga, dan menjuarai Liga Champions musim ini. Dari empat kondisi tersebut, hanya tiga poin awal yang sudah dicapai Coutinho bersama Barca. Artinya, Barca sudah "hemat" EUR 5 juta.

Gaji tinggi dan minimnya waktu bermain membuat tiga pemain tersebut menjadi prioritas daftar jual Barcelona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News