Barcelona Vs Real Madrid: Asyik, Tak Ada Messi dan Ronaldo

Barcelona Vs Real Madrid: Asyik, Tak Ada Messi dan Ronaldo
Ilustrasi El Clasico. Foto: Reuters

jpnn.com, BARCELONA - Untuk pertama kali sejak sebelas musim terakhir, El Clasico antara Barcelona Vs Real Madrid bukan panggung buat Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Messi absen karena cedera lengan kanan. Sementara Ronaldo hengkang ke Juventus. Fakta itu mungkin malah membuat El Clasico nanti berjalan lebih keras, kolektif dan mengasyikkan. Pertanyaannya, formasi apa yang digunakan dua entrenador?

Melihat tren musim ini, formasi 4-3-3 masih jadi primadona dan sangat mungkin kembali diterapkan pada laga yang akan dihelat di Camp Nou, mulai pukul 22.15 WIB nanti.

Bila sama-sama menerapkan 4-3-3, maka dipastikan trisula kedua tim adalah alternatif seiring absennya Messi dan CR7. Tetapi, komposisi trisula kedua tim juga tidak paten musim ini. Di Barca, yang paten hanya Messi-Luis Suarez. Sedangkan posisi winger/penyerang kiri diisi bergantian oleh Ousmane Dembele, Malcom, dan Philippe Coutinho.

Itu belum termasuk Munir El Haddadi dan Rafinha yang juga beberapa kali dipercaya mengisi satu pos di lini depan. Total, pemain yang pernah dijajal di lini depan hingga jornada kesembilan mencetak 15 gol.

Sedangkan di Real, trio BBA (Gareth Bale-Karim Benzema-Marco Asensio) juga tidak terlalu mantap. Asensio yang digadang-gadang sebagai suksesor CR7 nyatanya masih kerap digantikan Isco, Vinicius Jr, Mariano Diaz, dan Lucas Vazquez. Lini depan Real memiliki produktivitas lebih rendah di La Liga dengan sembilan gol.

Apalagi, moral Los Merengues juga tidak dalam kondisi terbaik setelah dalam enam laga terakhir di semua ajang hanya menang sekali. Itu pun hanya dengan skor 2-1 melawan Viktoria Plzen pada matchday ketiga fase grup Liga Champions (24/10).

Performa itulah yang membuat posisi Julen Lopetegui digoyang jelang El Clasico nanti. Seri, apalagi kalah, sangat mungkin surat PHK dari presiden Florentino Perez segera dia terima.

Duel Barcelona Vs Real Madrid di Camp Nou, Minggu (28/10) mulai pukul 22.15 WIB nanti menjadi El Clasico pertama tanpa Lionel Messi dalam 11 musim terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News