Barcelona Vs Real Madrid: Memori Buruk Lopetegui di Camp Nou

Barcelona Vs Real Madrid: Memori Buruk Lopetegui di Camp Nou
Julen Lopetegui (depan). Foto: Lino Gonzalez

jpnn.com, BARCELONA - Julen Lopetegui tidak akan bisa melupakan Camp Nou, tempat duel El Clasico Barcelona Vs Real Madrid digelar, Minggu (28/10) malam. Dalam karier profesional Lopetegui sebagai pemain, di Barcelona (1994-1997) lah dia mendapat masa kelam.

Lopetegui dicap pesakitan bagi Barcelonistas dan salah satu pembelian gagal pelatih kala itu, mendiang Johan Cruijff.

Lopetegui yang didatangkan dari Logrones pada awal musim 1994-1995 dengan tujuan menggantikan Andoni Zubizarreta. Zubi diklaim mendekati akhir masa jayanya usai dibobol empat gol tanpa balas oleh AC Milan final Liga Champions 1993-1994. Lopetegui melakoni debutnya bersama Barca di Camp Nou pada leg kedua Piala Super Spanyol melawan Real Zaragoza musim 1994-1995.

"Saya tidak takut menghadapi tantangan agar Barcelona melupakan Zubizarreta," ucapnya kala itu kepada Marca.

Pernyataan yang kontradiktif dengan performanya di lapangan. Sebab, dia justru membuat blunder yang membuat Barca keok 4-5 di kandang sendiri. Itu diperparah dengan kartu merah yang diterimanya pada injury time babak kedua.

Memang, Barca akhirnya juara karena sudah menang 2-0 di leg pertama. Tapi, kesan pertama yang buruk membuat Barcelonistas dan Cruijff mulai meragukan Lopetegui. Dia merasa salah pilih kiper baru. Sebab, sebelum memutuskan memilih Lopetegui, Barca juga mengincar Santiago Canizares.

Blunder itu membuatnya jadi penghangat bench Barca hingga leg pertama 16 besar Copa del Rey kontra Atletico Madrid (7/2/1995).

Namun, laga yang lagi-lagi dihelat di Camp Nou bak neraka. Dia hanya bertahan 13 menit di lapangan karena dikartu merah. Tampil dengan 10 pemain, Barca pun kalah 1-4. Sepekan berselang, Lopetegui kembali dipercaya jadi starter dan membawa Barca menang 3-1 di Vicente Calderon. Kemenangan sia-sia karena Barca kalah agregat 4-5 dan tersingkir.

El Clasico Barcelona Vs Real Madrid bakal digelar di Camp Nou, Minggu (28/10) mulai pukul 22.15 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News