Bareskrim Bongkar Perdagangan Orang ke Timur Tengah, 1000 Korban Diamankan

Bareskrim Bongkar Perdagangan Orang ke Timur Tengah, 1000 Korban Diamankan
Delapan pelaku ditangkap dalam kasus perdagangan orang lintas negara. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Bareskrim Polri mengungkap kasus perdagangan orang lintas negara. Dalam kasus ini, sedikitnya ada delapan orang ditangkap dan diduga menjadi pelaku.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, korban dalam kasus ini tak sedikit. Jumlahnya mencapai ribuan orang.

“Ada 1.000 orang lebih yang jadi korban,” kata Dedi, Selasa (9/4).

BACA JUGA: Gadis Myanmar Dijual Ke Keluarga China Demi Lahirkan Anak Laki-Laki

Menurut dia, para korban dijual ke sejumlah negara di Timur Tengah sebagai pembantu rumah tangga (PRT). Para pelaku terbagi dalam empat jaringan, yaitu jaringan Suriah, Arab Saudi, Maroko, dan Turki.

Adapun identitas para pelaku yakni, Erna Rachmawati alias Yolanda dan Saleha alias Soleha yang tergabung dalam jaringan Turki. Lalu Muhammad Abdul Halim Herlangga alias Erlangga alias Halim, jaringan Suriah.

BACA JUGA: Lindungi Pekerja Migran, Kemnaker Resmikan LTSA Ponorogo

Neneng Susilawati, Abdalla Ibrahim Abdalla alias Abdullah, dan Faisal Hussein Saeed alias Faizal sebagai jaringan Arab Saudi. Kemudian ada jaringan Maroko dengan pelaku Mutiara dan Farhan.

Korban kebanyakan berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat. Para korban diminta membayar uang sebesar Rp 4 sampai Rp 5 juta sebagai biaya administrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News