Baru 77 Daerah Salurkan BOS

Baru 77 Daerah Salurkan BOS
Baru 77 Daerah Salurkan BOS
JAKARTA -- Para Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala dinas pendidikan (kadisdik) di daerah didesak segera mencairkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) ke sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya. Sebab, saat ini dari sebanyak 497 kabupaten/kota di Indonesia, baru 77 kabupaten/kota saja yang telah mencairkan dana BOS tersebut.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menyebutkan, sejak 26 Desember 2010, dana BOS telah disalurkan ke sejumlah kabupeten/kota di Indonesia. Hanya saja, baru sebagian kecil yang sudah menyalurkan dana tersebut ke sekolah-sekolah yang berhak menerimanya.  Pernyataan Nuh disampaikan saat memberikan pengarahan pada rapat percepatan penyaluran dana BOS tahun anggaran 2011 di gedung Kemendagri, Jakarta, Selasa (1/3).

Terang-terangan, Nuh mengatakan, pihaknya memang memaksa daerah yang belum menyalurkan dana BOS, agar segera disalurkan. "Oleh karena itu, pertemuan ini untuk memaksa, supaya kab/kota itu sesegera mungkin mencairkan dana-dana yang menjadi hak dari sekolah itu segera ditransfer ke sekolah-sekolah. Alhamdulillah sekarang sudah ada 77 kabupaten/kota. Jadi masih ada 400-an (yang belum menyalurkan, red)," ujar Nuh usai acara.

Ditanya bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menyorot kasus BOS, Nuh menyatakan tidak keberatan. Malah, lanjutnya, pihaknya menghendaki adanya kerjasama dengan KPK. "Justru kami ingin kerja sama dengan KPK untuk ikut mengamankan penyaluran, pemanfaatan dana BOS supaya tepat," ujarnya.

JAKARTA -- Para Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala dinas pendidikan (kadisdik) di daerah didesak segera mencairkan dana bantuan operasional sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News