Baru Akan Diresmikan, Tol Palembang Indralaya kok Ambruk?

Baru Akan Diresmikan, Tol Palembang Indralaya kok Ambruk?
Ilustrasi tol. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro mempertanyakan kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta PT Hutama Karya atas ambruknya Jalan Tol Palembang - Indralaya pada Sabtu (17/6) lalu.

Apalagi, jalan yang baru selesai dibangun itu amblas sehari sebelum diresmikan.

Rencananya, tol tersebut akan difungsikan untuk jalur mudik Lebaran 2017 ini.

"Kami sangat menyayangkan rusaknya jalan tol itu. Apalagi ini terjadi sehari sebelum diresmikan. Bukankah sebelumnya harus dilakukan uji coba dulu untuk difungsikan saat arus mudik," kata Nizar di kompleks Parlemen Jakarta, Senin (19/6).

Politikus Gerindra itu pun menduga ada yang tak beres dalam pengerjaan jalan tol yang ambruk tersebut. Sebab, kecil kemungkinan terjadi amblas bila pembangunannya mengacu pada standarisasi yang ada.

"Semua sudah ada standarisasinya. Kalau kemudian jalan tolnya amblas, maka pihak PT Hutama Karya harus diminta pertanggung jawaban. Kalau perlu harus diaudit," ujar ketum PP Satria Gerindra ini.

Politikus asal Madura ini mengingatkan, sesuai janji dari kementerian PU bahwa infrastruktur jalan sudah siap H-10 Lebaran, sementara perbaikan jalan dihentikan H - 10.

"Sekarang sudah memasuki arus mudik Lebaran, jalan tolnya amblas. Jadi, kami minta kepada kementerian PU untuk komitmen dengan janjinya," pungkas dia.(fat/jpnn)

Anggota Komisi V DPR M Nizar Zahro mempertanyakan kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta PT Hutama Karya atas ambruknya Jalan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News