Baru di Pemilu 2019 Marak Isu Agama, Itu pun Lucu

Baru di Pemilu 2019 Marak Isu Agama, Itu pun Lucu
Kiai Said Aqil Siroj. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mendorong pihak-pihak yang belum puas dengan hasil Pemilu agar menggunakan cara-cara konstitusional dalam menyalurkan protesnya.

Hal ini diasampikan Kiai Said ketika dimintai tanggapan atas ketidakpuasan pendukung pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno terhadap pelaksanaan Pemilu, dan berencana menggeruduk KPU.

"Ya itu urusan mereka, ada jalurnya, ada Bawaslu, ada MK nanti. Kami cuma sebagai ormas ini yang penting menjaga keutuhan masyarakat, kembali kepada ukuwah nasional, ukuwah watoniah," ucap Kiai Said.

Hal ini disampaikan anggota dewan pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu usai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (9/5).

BACA JUGA: Yenny Wahid Imbau Pemenang Pilpres 2019 Rangkul yang Kalah

Kiai Said juga menyoroti penggunaan isu-isu agama dalam Pemilu 2019 yang dinilainya baru kali ini terjadi. Dia berharap kondisi teraebut tidak terulang kembali pada pesta demokrasi berikutnya. Sebab, Pemilu itu harusnya adu program, bukan membawa isu-isu agama.

Dia bahkan mengingatkan bahwa isu agama itu sangat berbahaya, dan sudah jelas memecah belah masyarakat di Timur Tengah.

BACA JUGA: Sebut Jokowi Keturunan PKI, Anak Bos Travel Umrah Dibekuk Polisi

Ketum PB NU Said Aqil Siradj menilai baru pada Pemilu 2019 marak isu agama dan semoga tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News