Baru Dibangun, Sekolah Ambruk

Baru Dibangun, Sekolah Ambruk
Bangunan SMPN 1 Pagelaran Cianjur selatan ambruk akibat kesalahan teknis dalam pengerjaan konstruksi. Foto: Istimewa/Radar Cianjur

jpnn.com, CIANJUR - Bangunan SMPN 1 Pagelaran di Cianjur, Jawa Barat, ambruk pada Senin (4/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Insiden itu akibat kesalahan teknis pengerjaan renovasi dan kurangnya pengawasan serta pelaksanaan yang tidak memenuhi ketentuan konstruksi.

Akibat kejadian tersebut, dua orang pekerja yang sedang melaksanakan renovasi satu ruangan kelas tersebut mengalami luka ringan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur Himam Haris membenarkan bangunan SMPN 1 Pagelaran ambruk. Padahal pembangunan dilaksanakan belum lama.

“Akibat kejadian tersebut dua orang mengalami ruka ringan, tetapi cuman luka-luka kecil saja tidak apa-apa,” kata Himam saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (4/10).

Dia menjelaskan bangunan tersebut ambruk akibat kesalahan teknis dari para pekerja. Selain itu pelaksanaan pembangunan juga tidak memenuhi ketentuan yang disyaratkan dalam konstruksi.

“Iya, itu informasi yang saya dapatkan kesalahan teknis dalam pemasangan atap yang menggunakan baja ringan, karena di bawah pemasangannya belum beres, sudah naik ke atas, sehingga tidak kuat dan terjadi ambruk,” katanya.

Himam menuturkan kejadian tersebut menjadi pelajaran, agar lebih berhati-hati dalam memilih rekanan untuk pembangunan terutama sarana pendidikan.

Bangunan SMP negeri ambruk akibat kesalahan teknis pengerjaan renovasi dan kurangnya pengawasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News